Bidan, Penulis, Narablog Kontak kerjasama: karuniasylvianysambas@gmail.com

Perkuat Transformasi Digital, Tumbuh Hebat dan Kuat bersama BRI

“Kalau nanti lihat ada AgenBRILink kita berhenti, ya! Inang mau ambil uang. Butuh cepat sekarang, nih!” 

aba-aba adik ibu saya itu dalam perjalanan sepulang dari desa Marjanji Aceh, Sumatera Utara.

Syukurlah mendapatkan AgenBRILink bukan hal sukar sekarang, ya. Meski begitu kami memang harus “memasang mata lebih teliti” agar tidak kelewatan.

Saya ingat ketika banyak tahun terdahulu, mengambil uang dalam waktu cepat, apalagi dalam masa liburan, terbilang sangat sulit. Itu terjadi di puluhan tahun lalu memang. Kota kami mungkin bisa jadi sudah terpapar teknologi perbankan, tetapi bisa jadi banyak pribadi yang belum mengetahui keberadaan layanan ini.

Sekarang, tak harus menunggu jam kerja, tak harus berlama-lama menunda pembayaran, karena AgenBRILink siap sedia melayani kebutuhan masyarakat sekalipun dalam periode hari libur.

Dilansir dari ekonomi.republika.co.id, saat ini, BRI telah memiliki 666.000 AgenBRILink yang tersebar di lebih dari 59.000 desa. Jumlah tersebut tercatat telah meng-cover 80% dari total desa di Indonesia.

Mengenalkan Anak Sejak Dini Pada Layanan Perbankan


literasi-keuangan-pada-anak.webp

Saat ini salah satu literasi yang sedang digalakkan adalah literasi keuangan. Anak yang terpapar sejak dini pada literasi keuangan akan memberikan dampak kemudahan dalam pemahaman kelak.

Literasi keuangan adalah kemampuan memahami dan menggunakan pengetahuan serta keterampilan keuangan untuk membuat keputusan keuangan yang tepat. Literasi keuangan yang baik penting dimiliki oleh setiap orang, termasuk anak-anak.

Belajar di waktu kecil bagai mengukir di atas batu, sedangkan belajar sesudah besar bagai melukis di atas air.

Nah, apa saja manfaat mengenalkan Literasi Keuangan Sejak Dini pada anak?

Mengajarkan literasi keuangan sejak dini kepada anak memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • Membantu anak memahami nilai uang
  • Mengajari anak cara mengelola keuangan dengan bijak
  • Membantu anak mencapai tujuan keuangannya
  • Membangun karakter anak yang bertanggung jawab

Tip Ajarkan Literasi Keuangan Kepada Anak Sejak Dini


Berikut beberapa tip mengajarkan literasi keuangan kepada anak sejak dini

1. Mulailah dari hal yang sederhana


Jangan langsung mengajarkan konsep-konsep keuangan yang rumit kepada anak. Mulailah dengan hal-hal yang sederhana, seperti pengenalan uang, perbedaan antara kebutuhan dan keinginan, serta pentingnya menabung.

2. Buatlah kegiatan yang menyenangkan


Anak-anak akan lebih mudah belajar jika kegiatan yang dilakukan menyenangkan. Anda bisa menggunakan permainan, buku, atau video untuk mengajarkan literasi keuangan kepada anak.

3. Jadilah contoh yang baik


Anak-anak belajar dengan meniru orang-orang di sekitarnya. Oleh karena itu, penting untuk menjadi contoh yang baik dalam mengelola keuangan.

Contoh Kegiatan Agar Anak Semakin Paham Literasi Keuangan


Berikut ini adalah beberapa contoh kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk mengajarkan literasi keuangan kepada anak

1. Beri anak uang jajan


Berikan anak uang jajan sesuai dengan kebutuhannya. Dengan begitu, anak akan belajar untuk mengelola uangnya sendiri.

2. Bicaralah tentang uang


Bicaralah tentang uang dengan anak secara terbuka. Jelaskan kepada anak tentang asal usul uang, cara mendapatkan uang, dan cara menggunakan uang.

3. Ajak anak berbelanja


Ajak anak berbelanja bersama Anda. Biarkan anak terlibat dalam proses berbelanja, mulai dari memilih barang hingga membayarnya.

4. Ajak anak menabung


Sediakan celengan atau rekening tabungan untuk anak. Ajak anak untuk menabung secara rutin setiap hari atau minggu.

Saat ini menabung tak hanya bisa dilakukan secara konvensional menggunakan celengan, tetapi bisa melalui bank BRI yang punya tagline Melayani dengan Sepenuh Hati.

Layanan dan Digitalisasi BRI untuk Masyarakat


umkm-bertumbuh.webp


Transformasi digital dalam keuangan terlihat dari perubahan pola masyarakat dalam bertransaksi dan menikmati layanan perbankan.

Namun begitu belum semua orang melek literasi digital. Oleh sebab itu PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI senantiasa menyediakan cara agar seluruh nasabah bisa mendapatkan akses layanan perbankan sesuai harapan.

Strategi digitalisasi BRI saat ini menerapkan konsep hybrid bank untuk memastikan masyarakat yang belum terlalu familiar terhadap digitalisasi bisa tetap terlayani.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh BRI, masyarakat microfinance di Indonesia sudah paham dengan alat-alat digital, tetapi masih kurang paham dengan produk keuangan digital.

Didasari hal tersebut, BRI menyediakan layanan dikombinasikan dari digital dan manual yang disebut hybrid. Adapun penerapannya adalah dengan kehadiran AgenBRILink.

Kehadiran AgenBRILink bisa menjawab kebutuhan masyarakat termasuk memperlancar kegiatan roda perekonomian.

Program Pemberdayaan BRI Tingkatkan Kapabilitas Pelaku Usaha di Indonesia


umkm-bri.webp


Salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia ini terus berupaya mengakselerasi pertumbuhan sektor UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) untuk naik kelas. Upaya strategis yang dilakukan adalah dengan memberikan pendampingan dan edukasi agar UMKM dapat menjalankan usahanya lebih optimal.

Saat ini beberapa program flagship yang dijalankan BRI di antaranya adalah Growpreneur (program aktivasi pemberdayaan dan pendampingan bagi UKM), BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, pendampingan dan pemberdayaan melalui Rumah BUMN, hingga Pengusaha Muda BRILian.

Komitmen BRI yang senantiasa hadir mendampingi pelaku UMKM, termasuk di segmen UKM (Usaha Kecil Menengah), agar dapat meningkatkan kapabilitasnya, bertumbuh dan naik kelas ini kiranya membuat BRI layak menyandang predikat Pahlawan UMKM.

Penutup


Dengan mengajarkan literasi keuangan sejak dini, kita bisa membantu anak memiliki masa depan yang lebih baik. BRI hadir sebagai alternatif mengenalkan anak pada layanan perbankan digital.

Dalam melayani pelaku bisnis kecil dan menengah, BRI untuk Indonesia turut pula berkomitmen menghadirkan layanan jasa perbankan yang cepat (fast), mudah (simple) dan aman (secure). Pahlawan UMKM ini berhasil membawa banyak UMKM bertumbuh dan naik kelas.

Pada 16 Desember 2023 mendatang, BRI akan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) perseroan. 128 Tahun BRI Tumbuh Hebat dan Kuat. Selamat ulang tahun. Semoga semakin berjaya dalam memberikan pelayanan dengan setulus hati. (*)

Sumber:
  • https://bri.co.id/briwritefest
  • https://m.jpnn.com/news/ragam-pemberdayaan-dan-pendampingan-bri-untuk-kemajuan-umkm
  • https://ekonomi.republika.co.id/berita/s15rze463/digitalisasi-jadi-kunci-bri-layani-semua-lapisan-masyarakat

Posting Komentar

Seedbacklink
Komunitas Sahabat Blogger
komunitas sahabat blogger